Perjuangan Cut Mini Memiliki Anak, Sempat Program Bayi Tabung tapi Gagal: Aku Stres

Menikah sejak tahun 2000, Cut Mini dan sang suami, Muhamad Safril Sarwono belum diberi keturunan. Sudah berbagai usaha dilakukan Cut Mini dan suami untuk memiliki anak. Dalam YouTube Daniel Mananta Network, Cut Mini menceritakan perjalanan dan perjuangannya untuk bisa punya momongan.

"Jadi emang tahun pertama (pernikahan) itu kita ke dokter karena kita bukan yang tiba tiba langsung hamil," ujar Cut Mini. Sempat sibuk kerja, saat itu Cut Mini tak begitu memikirkan tentang kehamilan. Namun kemudian, Cut Mini memutuskan untuk kembali periksa ke dokter lantaran belum juga ada tanda tanda kehamilan.

"Sampai akhirnya 'kayaknya kita harus ke dokter deh'. Terus (hasilnya) nggak ada masalah semuanya baik," ungkapnya. Perjuangan Cut Mini Memiliki Anak, Sempat Program Bayi Tabung tapi Gagal: Aku Stres Kisah 23 Tahun Perjuangan Cut Mini Demi Bisa Hamil dan Miliki Anak, Program Bayi Tabung Gagal

Cut Mini Ikhlas Belum Dikaruniai Anak 23 Tahun Menikah, Program Bayi Tabung Gagal, Sempat Pendarahan Perjuangan Cut Mini Dapatkan Keturunan, Coba Bayi Tabung hingga Akupuntur 23 Tahun Menanti Momongan, Cut Mini Sempat Stres

Cut Mini Belum Punya Anak Usai 23 Tahun Nikah, Sempat Stres Tak Kunjung Hamil 23 Tahun Nikah, Artis Tak Kunjung Punya Anak, Bayi Tabung Gagal: Aku Tidak Akan Pernah Memulai Lagi Primaya Makassar Bahas Program Bayi Tabung

"Dicoba natural enggak (hamil). Pakai tanggalan juga enggak. Yaudah lah ya," imbuhnya. Seiring berjalannya waktu, akhirnya Cut Mini memilih untuk melakukan program bayi tabung di usia pernikahan ke 9 tahun. "Akhirnya berjalan tahun berjalan tahun, udah sampai nggak tahu lagi. Kayaknya bayi tabung deh. Akhirnya nyoba bayi tabung"

"Itu tahun berapa aku lupa. Kayaknya udah 9 tahun menikah," kata Cut Mini. Cut Mini berujar dirinya juga sudah melakukan banyak usaha untuk mengetahui kondisi rahimnya. "Udah insame, udah aku laparaskopi saking penasaran di dalam perut ada apa sih sebenarnya," ujarnya.

Dikatakan Cut Mini, hasil dari pemeriksaannya bagus dan tidak ada masalah dalam perutnya. Hingga akhirnya keputusan Cut Mini dan suami jatuh pada pilihan untuk program bayi tabung dibarengi dengan metode akupuntur. "Aman (kondisinya). Alhamdulillah semua kandungannya bagus, salurannya bagus, tidak ada penyempitan," paparnya.

"Sampai akhirnya aku bayi tabung. Terus aku campur dengan akupuntur," bebernya. Pemain film Laskar Pelangi itu mengatakan, percobaan pertama dengan tiga sel telur tidak membuahkan hasil. Alhasil, bayi tabungnya dinyatakan gagal.

"Saat itu umur aku sudah 30 something kalau nggak salah. Itu tu aku masih punya telur banyak banget di freeze." "Begitu diambil kalau nggak salah 10 telur aku, waktu mau diambil bayi tabung. Jadi tabungan aku masih banyak. (Tapi) yang pertama gagal." "Habis itu masukin lagi sampai aku punya nama Do Re Mi, karena yang dimasukin tiga yang pertama. Aku panggil mereka Do Re Mi, aku kayak ngerasa sudah hamil," ujar Cut Mini.

Tak sampai di situ, kemudian dilakukan percobaan lagi dengan sel telur yang tersisa namun gagal lagi. Sementara dari metode akupuntur yang dijalani, dikatakan Cut Mini hamil. Cut Mini pun tak bisa membendung rasa bahagianya saat mengetahui itu.

"Dari 10 (sel telur) yang paling bagus tinggal 2. Ternyata nggak (hamil) juga. Malahan pas akupuntur, akupuntur aku ini bilang 'kayaknya ibu hamil deh'." "Aku jadi besar kepala. Uh berbunga bunga. Siapa yang nggak berbunga bunga berapa tahun kita menikah, pasti mengharapkan (hamil)," katanya. Namun kekecewaan kembali dirasakan Cut Mini, seminggu setelah kabar bahagia itu, dirinya mengalami pendarahan.

Tak dipungkiri, hal itu membuat Cut Mini hingga stres. "Namun akhirannya seminggu kemudian keluar (pendarahan) lagi." "Itu aku stres melihat warna merah. Aku histeris," paparnya.

Semenjak itu, Cut Mini memutuskan untuk berhenti melakukan program hamil. Cut Mini dan suami memilih menikmati apa yang ada di hidupnya. "Dari situ aku bilang 'aku tidak akan pernah memulai lagi', kita nikmatin semua yang ada, kalau memang kita dikasih berarti Allah itu percaya bahwa kita mampu jadi orang tua yang bisa menyayangi, yang bisa mengajari, yang bisa membimbing dia, yang bisa memberikan yang terbaik untuk anak kita," ungkap Cut Mini.

Tampak sudah ikhlas, Cut Mini percaya Tuhan memiliki rencana yang terbaik untuknya. "Kalaupun tidak (diberi keturunan), bukan berarti kita tidak terbaik tapi Allah punya sesuatu rencana yang lebih baik lagi untuk kita," pungkasnya. Meski belum dikaruniai buah hati, Cut Mini mengaku tak pernah mempertanyakan kepada Tuhan tentang apa yang ia alami.

Menurutnya, apa yang dikasih oleh Tuhan adalah yang terbaik untuknya. "Aku tidak pernah mempertanyakan apapun sama Allah ya, karena aku yakin apa yang dikasih sama aku itu yang terbaik." "Karena aku tidak meminta aja, Allah selalu memberi," ungkap Cut Mini.

Tak ingin berlarut larut, Cut Mini memilih untuk mensyukuri apa yang ada di hidupnya. "Aku syukuri apa yang ada, aku nikmati, aku hargai semua proses yang ada," katanya. Aktris berusia 49 tahun itu mengatakan, bahwa dirinya dan suami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan momongan.

Namun jika memang Tuhan belum memberinya keturunan, Cut Mini pun tak mempermasalahkannya. "Yang penting kan kita berikhtiar, kita kan mencoba. Kita ke dokter, kita diperiksa, suami diperiksa. Kita menjalankan semuanya." "Tapi kalau memang nyatanya pada saat sekarang ini sampai 2023 kita belum mempunyai keturunan ya tidak apa apa," katanya.

"Yang penting kita tidak menyakiti satu sama lain dan kita tidak menyakiti anak orang lain, tambahnya. Diakui Cut Mini, dirinya dan suami sekarang sudah tidak begitu memikirkan kapan diberikan keturunan. Mereka justru sudah dapat menikmati hidupnya.

"Jadi kita tu prosesnya udah nggak yang mikirin 'kapan aku punya anak ya', tapi kita udah menikmati," paparnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *