• Juli 30, 2021

Festival Nagpanchami India, Saatnya Ular Kobra Diberi Susu dan Madu

Ular Kobra telah menempati tempat khusus dalam mitologi Hindu. Untuk menghormati Dewa ular Hindu, Shesha Nag; Nagpanchami dirayakan di seluruh pelosok India. Selama musim hujan, orang Marathi merayakan Festival Nagpanchami dengan penuh semangat dan vitalitas.

Menurut kalender Hindu, Festival Nagpanchami dirayakan selama bulan Shravan pada hari ke-5. Selama bulan Juli dan Agustus setiap tahun, seluruh negara bagian Maharashtra bersiap untuk festival ini. Saat umat Hindu merayakan kekuatan alam, Nagpanchami juga merupakan salah satu upacara paling menguntungkan yang dirayakan setiap tahun.

Melansir dari Tourmyindia.com, arti penting dari Nagpanchami adalah untuk menenangkan ular yang aktif dan mencegah mereka menjadi ancaman bagi manusia selama musim hujan ketika ular keluar dari tempat persembunyiannya karena hujan dan banjir. Pada hari ini, kobra dan ular lainnya diberi makan dengan susu dan dipuja dengan menyalakan lampu, mendekorasi kuil dengan bunga dan mempersembahkan kurban dan permen.

Legenda di balik Nagpanchami adalah bahwa Dewa Krisna telah mengalahkan ular jahat Kaliya yang telah menyerang seorang anak Krishna yang tengah mengambil bolanya dari air sungai. Setelah beberapa saat, Kaliya mengerti bahwa anak itu tidak biasa dan telah memohon belas kasihan dan pengampunan. Dewa Krisna telah menyelamatkan penduduk desa dari gangguan dan siksaan ular jahat, Kaliya.

Apa yang menjadi sorotan dalam Festival Nagpanchami karena keunikannya?

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.