Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang pada Anak yang Ampuh

Gigi berlubang merupakan salah keluhan umum pada anak-anak. Penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak sebab jika disepelekan bisa menyebabkan nyeri yang tidak tertahan dan gigi bisa copot, ini juga berbahaya bagi kesehatan lainnya.

Penyebab gigi berlubang pada anak bisa disebabkan karena anak tidak menyikat gigi sampai bersih, maka plak dan bakteri akan bersarang di sana. Pada akhirnya bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Jika sudah terlanjur berlubang, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak seperti berikut.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang pada Anak?

Kumur Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Ini merupakan cara awal yang paling ampuh karena garam dipercaya bisa membunuh bakteri dan air hangatnya dapat meredakan rasa tidak nyaman serta gusi yang bengkak. Caranya yaitu sediakan air hangat yang dicampur dengan ½ sendok garam, kemudian aduk sampai garam larut, dan gunakan sebagai cairan kumur.

Minum Obat

Obat sakit gigi untuk gigi anak yang berlubang bisa digunakan untuk meredakan gejala. Anda juga bisa membawa anak mengunjungi dokter gigi. Beberapa obat pereda nyeri yang bisa digunakan, seperti ibuprofen, naproxen, dan acetaminophen untuk mengurangi peradangan dan nyeri karena sakit gigi berlubang.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Penyebab sakit gigi pada anak sangat beragam termasuk dari beberapa makanan serta paparan suhu ekstrim yang berpotensi memperburuk rasa sakit pada gigi berlubang. Beritahu anak untuk menghindari makanan dan minuman manis, asam serta suhu ekstrim seperti es krim dan beberapa makanan seperti dibawah ini:

  • Kue Manis
  • Biskuit
  • Permen
  • Cokelat
  • Sereal manis
  • Keripik
  • Buah kering
  • Buah-buahan seperti jeruk, lemon
  • Selai
  • Soda atau minuman berkarbonasi
  • Susu
  • Yoghurt rasa-rasa
  • Minuman dengan suhu dingin atau panas

Berbagai makanan tersebut akan membuat gigi semakin nyeri dan ngilu. Pilih makanan dengan rasa tidak terlalu kuat, serta suhu netral.

Tambal Gigi

Jika sakit gigi akibat gigi berlubang pada anak sudah tidak tertahankan, Anda bisa mengajak anak pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan tambal gigi. Gigi anak yang berlubang akan diisi dengan isian yang dibuat dari perak, emas, porselen, atau resin gabungan, bahan-bahan ini telah disesuaikan untuk gigi, termasuk untuk tingkat keamanannya.

Penambalan gigi harus dilakukan untuk mengembalikan fungsi gigi seperti semula. Gigi yang terus dibiarkan berlubang bisa membuat saraf dalam gigi mati. Jika saraf sudah mati, area lunak menjadi nekrotik dan bisa menyebabkan infeksi serius.

Tetap Menjaga Kebersihan Gigi

Meskipun rasanya sangat tidak nyaman untuk menyikat gigi di saat gigi sedang sakit, Anda tetap harus menyuruh anak membersihkan area gigi dan mulut secara keseluruhan, termasuk di bagian yang sensitif. Dengan begitu, bakteri tidak semakin berkembang biak. Untuk pengalaman menyikat gigi yang lebih nyaman, maka bisa menggunakan sikat gigi ditambah air hangat atau menggunakan pasta gigi yang dibuat secara khusus untuk gigi sensitif.

Anda bisa menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Pasta gigi dengan kandungan fluoride bisa digunakan pada anak usia 3 tahun. Namun, gunakan sedikit, kira-kira sebesar biji jagung. Jika usia anak sudah diatas 3 tahun, maka bisa menambahkan takaran pasta gigi menjadi sebesar kacang polong. Juga ajarkan anak berkumur dan mengeluarkan air kumuran sesudah menyikat gigi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *