5 Khasiat Saffron untuk Kesehatan, Melawan Kanker hingga Meningkatkan Memori

Saffron merupakan salah satu rempah paling mahal di dunia. Rempah yang yang diambil dari bunga Crocus sativus, umumnya dikenal sebagai saffron crocus, dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Selain aromanya yang manis, berbunga-bunga, dan bersahaja, rempah-rempah ini diyakini dapat melawan kanker dan penyakit kronis lainnya. Kandungan antioksidannya yang kaya membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya yang terkait dengan penyakit seperti kanker. Selain itu, safron dapat membantu kesehatan banyak cara lain.

Inilah manfaat saffron yang dilansir dari Times of India, Selasa, 9 November 2021.

1.Membantu mencegah penyakit kardiovaskular

Mengingat safron mengandung mineral seperti thiamin dan riboflavin, rempah ini membuat jantung yang sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular. Rempah ini membantu melebarkan darah, menghilangkan penyumbatan di arteri, juga membantu sistem peredaran darah sehingga bisa mengurangi tekanan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan libido

Saffron juga dapat membantu meningkatkan libido. Karena sifat afrodisiaknya, ini berfungsi paling baik untuk orang yang memakai antidepresan. Studi klinis telah menemukan dampak positif safron pada disfungsi ereksi dan dorongan seksual secara, namun kecil kemungkinannya untuk meningkatkan kualitas air mani.

3. Antidepresan

Dikenal sebagai bumbu sinar matahari, saffron disebut berkhasiat untuk meningkatkan mood. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral and Brain Science, ditemukan bahwa ekstrak safron dapat meningkatkan kadar dopamin di otak tanpa mengubah kadar hormon otak lainnya. Konon, suplemen saffron dapat meningkatkan mood dan bersungsi sebagai antidepresan.

4. Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat membantu membatasi nafsu makan, mencegah makan berlebihan, dan membantu penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cardiovascular and Thoracic mengklaim bahwa ekstrak saffron dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI), terutama pada pasien dengan penyakit arteri koroner.

5. Meningkatkan memori

Crocin dan crocetin adalah dua senyawa kimia dalam saffron yang diyakini para peneliti dapat meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa safron dapat mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak, mencegah beberapa kemungkinan kerusakan sistem saraf. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi saffron juga dapat membantu meringankan gejala Alzheimer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.